Wednesday, July 15, 2009

Cara membuat playlist OggPlay


Kayaknya gue mang hobby banget ngotak-atik oggplay. Mulai dari buat skin, ganti splash screen, dan sekarang nih gue mau nulis tentang gimana cara membuat playlist oggplay. Dan lu tau alasannya kenapa?? Yupz... Gue mang lagi kurang kerjaan dan kehabisan ide tulisan..
Hehehe...
Huh...

Hmm...
Sejak oggplay nangkring di hape gw, LCGjukebox yg dulunya jd mp3 player favorit sekarang posisinya diganti OggPlay. Yah emang sih fitur-fitur yang dimiliki Jukebox lebih banyak dari pada OggPlay. Tapi tampilannya itu lho yang bikin males. Lagian fitur kayak equalizer kayaknya ga terlalu berguna, secara gue pengguna QD yg kualitas audionya masih pas-pasan.

Balik lagi ke main topic, ada satu hal yang gue anggap hal minus yang paling menggangu dari OggPlay yaitu ga' ada Playlist Editor. Jadi playlistnya harus dibuat secara manual. Ngerepotin sih tapi mau gimana lagi. Nah.. buat yang belum tau gimana cara buatnya, silahkan ikutin langkah-langkah dibawah ini:

1. Buat file teks baru dengan ekstensi file m3u di folder Sounds (sebenernya terserah mau diletakkan di folder mana aja kecuali folder system). Terserah buatnya pake aplikasi apa dan nama filenya apa. Sebagai contoh gw buat pake System Explorer.



2. Buka file yang telah dibuat tadi dan isikan dengan path lengkap lagu yang akan dimasukkan ke dalam playlist. Lagu diletakkan baris per baris, jadi satu lagu satu baris. Contohnya gini:



Yang perlu diperhatikan adalah nama file di playlist harus sama persis dengan nama file aslinya. Termasuk penggunaan huruf besar dan kecilnya. Jadi kalo tar lagunya ga' muncul pas playlistnya dibuka kemungkinan besar kesalahannya terjadi di sini.

3. Simpan file tersebut. Selanjutnya buka OggPlay dan pilih "Find New Files".



4. Semoga bermanfaat dan makasih udah mau baca postingan ini ampe selesai.. :D


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

6 comments: on "Cara membuat playlist OggPlay"

Ari said...

hahahahahaah :))
baru mau gw tanya om....
yasudlah tengkyu a lot ya :D

dazelumutz said...

Bro Cras Nitro Kart di gw ga bisa jalan . Knp yach,....

cara nge ekstraknya gmn cz udah di ekstrak tapi
pas di kopi ke system tetep ga jalan.
help,.......

kasi tips yach,..
thank bro,..

Salam N-Gage Lover

Erwien Syahputra said...

maksudnya...
libs nya udah mua???

redz said...

@ Dazelumuts
Semua file hasil ekstrakan harus dicopy semua termasuk libs, dll. Jangan cuma folder di apps ja yang dicopykan.

@ erwien
Thx boz :D

Anonymous said...

kalo aku seh lebih praktis pake winamp di kompi,,, masukkin MMC ke kompi terus pilih lagu yg mw diputer di winamp (mw dijadiin playlist) tinggal Ctrl+A di playlist winampnya, Ctrl+S dg ekstensi file *.m3u
jadi deh playlist...

Post a Comment